34795_1276615372637_5524588_n (1)
IslamicTunesNews- Bermula dari kumpulan remaja masjid yang aktif dalam mengharungi kegiatan pengajian Remaja Masjid disebuah Masjid yang terletak di JL.Mpu Gandring RT.15 Kel.SolokSipin-Kec.Telanaipura Jambi , yakni Masjid Baitul Muslim namanya. Tak hanya sekedar aktif dalam pengajian antara maghrib dan isya buat anak-anak dan pengajian remaja setelah isya, namun juga aktif dalam upaya pengembangan seni islami. Sebut saja salah satunya dengan senandung hiburan

sholawatan,rebana atau bernasyid. Disisi lain juga para remaja ini aktif dalam berwirausaha mandiri. Diantaranya pernah menjadi pedagang musiman dibulan Ramadhan, tepatnya di bulan November 2002 M/ Ramadhan 1423 H. Sambil mengisi waktu menjelang Berbuka Puasa, sekelompok remaja ini sering mengisi dengan bernyanyi puji-pujian/sholawatan yang ada pada Kaset/CD yang mereka jual. Terinspirasi dari sebuah lagu nasyid yang dibawakan oleh Tim Nasyid RAIHAN dari Malaysia maka remaja masjid ini pun bersepakat untuk membentuk Tim Nasyid.
Diambilnya nama TIHAMAH ini pun dari album nasyid RAIHAN yang berjudul DEMI MASA.TIHAMAH sendiri adalah suatu golongan dimana Rosulullah SAW di diutus sebagai Nabi akhir zaman yang memberi kebangkitan semangat baru bagi umatnya dalam upaya peyempurnaan akhlaq. Dengan kata lain TIHAMAH juga dapat diartikan sebagai “Pembangkit Semangat Pembaharuan”. Melihat kultur masyarakat Jambi yang dominan dengan khas melayunya TIHAMAH Nasyid juga hadir sebagai hiburan alternatif beraliran musik perkusi dengan nuansa melayu yang ingin mengajak diri sendiri dan semua kalangan untuk dapat lebih mendekatkan diri pada ALLAH SWT serta mentauladani akhlaq Rosulullah SAW lewat senandung puji-pujian dan sholawatan melalui syi’ar dan sya’ir dalam lagu-lagu rohani yang bernafaskan Islam. Pada awalnya Tihamah nasyid beranggotakan 9 orang personil, seiring berjalannya waktu saat ini Tihamah beranggotakan 5 orang personil. Yang terdiri dari 3 orang pengisi vocal (Manto,Ijal dan Tino) dan 2 orang pemain musik pekusi (Ono dan Rinto).
12247081_10201153138947731_8963278527504771470_n
Sebagai insan seni hiburan Islami TIHAMAHNasyid mempunyai VISI : “Musik Islami (Nasyid) tidak hanya sekedar menghibur, tetapi juga menjadi pembangkit semangat dakwah di jalan Allah”. Dan MISI : “Melalui nasyid membentuk pribadi yang cinta pada Tuhan-Nya dan rindu pada Rosulnya serta menjadi insan yang bermanfaat bagi orang banyak dalam menggapai ridho ILAHI”. Sejak awal berdiri sampai dengan saat ini Tihamah Nasyid aktif mengisi hiburan pada acara-acara Walimatul’ursy, Khitanan, Aqiqahan, Peringatan Hari Besar Islam, Seminar, Road Show, Festival. Alhamdulillah meskipun banyak rintangan yang di hadapi saat ini Tihamah Nasyid baru dapat mengeluarkan Album Perdana yang berjudul “BASMALAH”. Dirilis sejak Maret 2010 dan dengan melalui proses latihan dan recording akhirnya pada awal bulan Ramadahan 1431 H/ September 2010 M Album Perdana Tihamah sudah dapat di dengarkan masyarakat Jambi khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Pada album perdana tersebut terdapat 8 buah lagu hasil karya cipta sendiri. Diantaranya:
  1. BASMALAH,
  2. 2.ASSALAMU”ALAIKUM,
  3. DZIKIR ILAHI,
  4. KEUTAMAAN ZIS,
  5. LAA ILAAHA ILLALLAH,
  6. UNTUK
  7. SAHABAT SEJATI,
  8. MARHABAN YAA RAMADHAN,
  9. SELAMAT BERHARI RAYA.
Dengan keterbatasan dana Tihamah nasyid hanya baru dapat memproduksi lagu-lagu tersebut dalam bentuk AUDIO CD/MP3 Player. Dan hanya baru mengcopy 300 keping CD. Kini tim nasyid TIHAMAH juga telah mempunyai sebuah EO (Event Organizer) yakni TIHAMAH ENTERTAIMENT yang mewadahi kegiatan dan kreativitas seni budaya islami. Semoga akan terus dan tetap istiqomah berdakwah lewat seni islami ini dan berupaya memberiakan manfaat yang banyak dan terbaik untuk umat akhir zaman,Insya Allah.