Latest News

recent

IslamicTunesNews | APAKAH DI BULAN SYA'BAN AMALAN MANUSIA DILAPORKAN KEPADA SANG KHALIQ ?


Assalamualaikum Wr.Wb.
Sahabat Nasyid Yang Baik Hati…!
Tahukah ini bulan Apa…? Pasti Sahabat Nasyid mengatakan, hari ini bulan April tahun 2017. Betul sekali..! Akan tetapi, menurut kelender Islam tanggal 27 April 2017 jatuh awal bulan sya’ban, 1 Sya’ban 1438 H. Akan tetapi ada hal yang lebih penting untuk kita cermati dan kita perhatikan demi meraih kemanfaatan dari kemuliaan yang dijanjikan Allah SWT kepada kita.

Apakah dibulan Sya’ban nilai amalan manusia dilaporkan kepada Sang Khaliq..?
Di bulan ini dimana nilai amalan-amalan kita dilaporkan oleh Malaikat kepada Allah SWT. Selain itu, amalan harian kita dilaporkan ba’da subuh dan ashar, amalan mingguannya setiap hari senin, dan amalan tahunan pada bulan sya’ban. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : Telah mengabarkan kepada kami Arm bin Ali dari Abdurrahman dia berkata : Telah menceritakan kepada kami Tsabit bin Qais Abu Al Ghushn yaitu seorang syaikh dari penduduk Madinah, dia berkata : Telah menceritakan kepadaku Abu Said Almagburi dia berkata : Telah menceritakan kepadaku kepadaku Usamah bin Zaid dia berkata : Aku bertanya “Wahai Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan sebagaimana engkau berpuasa dibulan sya’ban ? Beliau bersabda : “ itulah bulan dimana manusia lalai darinya ; ia  bulan yang berada diantara bulan Rajab dan Ramadhan, yaitu bulan yang disana berisikan berbagai amal, perbuatan diangkat kepada Rab Semesta Alam, aku senang amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (Nasai 2317)

Sahabat Nasyid yang baik hati..!
Jadi pada bulan ini nilai amalan-amalan kita diangkat oleh malaikat untuk dilaporkan kepada Allah SWT. Oleh karena itu para sahabat nasyid, marilah sama-sama memperbanyak amal sholeh seperti memperbanyak sholat sunnah, zikir, membaca Al-Qur’an, puasa sunnah, berbuat baik kepada oranglain, menyantuni anak yatim, memberi makan fakir miskin, sedekah, infaq dan lain-lain.

Sahabat Nasyid Yang Baik Hati..!
Aisyah Radiallahu anha, banyak menqhodo puasa Ramadhan pada bulan Sya’ban, sebagaimana dituangkan dalam hadits : Rasulullah SAW bersabda : Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Yunus, telah menceritakan kepada kami zuhair, telah menceritakan kepada kami yahya dari Abu Salamah berkata : Aku mendengar Aisyah Radiallahuanha “Aku berhutang puasa Ramadhan dan aku tidak bisa mengqadha’nya kecuali pada bulan sa’ban”. Yahya berkata : “ karena dia sibuk karena atau bersama Nabi Shallalahu alaihi wasallam”. (Bukhari : 1814)

Sahabat Nasyid yang Baik Hati..!
Adapun peristiwa pada bulan Sya’ban antaranya : 
1. Perpindahan arah kiblat Muslim dari masjidil Aqsho ke     masjidil Haram, setelah sebelumnya Nabi Muhammad  SAW, sholat menghadap ke Masjidil Aqsha selama kurang lebih 10 bulan. Sebagaiman Allah berfirman : Sunggu kami sering melihat mukamu mengenadah kelangit, maka sungguh kami akan memalingkanmu ke kiblat yang kamu sukai. Palinglahkanlah mukamu kea rah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu kearahnya ( Q.S : Albaqorah : 144)
2. Pada bulan Sya’ban yakni malam pertengahan sya’ban Allah mengampuni semua makhluknya kecuali musrik dan munafiq.
3. Pada bulan Sya’ban turunnya ayat sholawat (Q.S. AL-Ahzab : 56)
4. Pada bulan Sya’ban rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menikah dengan sayyidatuna hafshah binti umar radhiyallahu ‘anhuma.
5. Perang Badar kedua (as-sughra)
6. Kelahiran Sayyidina Abdullah ibn az-Zubair radhiyallahu  ‘anhuma
7. Kelahiran Sayyidina al-Husain ibn Ali bin Abi Tholib radhiyallahu ‘anhum.
8. Perang Bani al-Musthaliq.
9. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menikah dengan sayyidah Juwairiyah bintu al-Harist radhiyallahu ‘anha.
10. Peristiwa  al-Ifki (Dusta )
Setelah perang bani al-Mustholiq terjadi peristiwa dusta yaitu fitnah yang disebarkan oleh Abdullah bin Ubay yang mengatakan sayyidah Aisyah radhiyallahu ‘anha berselingkuh dengan Shafwan bin Mu’aththal. Namun Allah ta’ala akhirnya menurunkan ayat  11 – 13 surat an-Nur yang menjelaskan bahwa sayyidah Aisyah bersih dari semua tuduhan keji ini. Orang yang terlibat dalam penyebaran berita ini dihukum cambuk 80 kali, mereka adalah Misthah bin Utsatsah, Hamnah binti Jahsyi, dan Hasan bin Tsabit.Hadist ifki ini terjadi pada bulan sya’ban tahun keenam Hijriyah.
11. Pengiriman Pasukan Abdurrahman bin Auf ke Daumatul Jandal.
12. Pengiriman pasukan Ali bin Abi Thalib ke Bani Sa’ad bin Bakr di Fadak.
13. Pengiriman Pasukan Umar bin Khathab ke Thurobah.
14. Pada bulan Sya’ban tahun ketujuh Hijriah sayyidinaa Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhu diutus bersama tiga puluh orang ke Thurobah.
15. Pengiriman pasukan Basyir bin Sa’ad al-Ansyori ke Fadak tahun ke-7 Hijriah.
16. Pengiriman pasukan Abu Bakar as-Sidiq ke Najed tahun ke-7 Hijriah.
17. Pengiriman pasukan Abi Qotadah ke Hadhirah tahun ke-8 Hijriah.
18. Sayyidah Ummu Kultsum putri Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam wafat.
19. Kelahiran Sayyidinaa Ali Zainal Abidin ibn Husain ibn Ali radiyallahu ‘anhum.
20. Sayyidatuna Hafshah bintu Umar ibn Khathab radiyallahu ‘anhuma wafat

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambahkan khazanah Islam serta selalu dalam kebaikan. Amin Ya Robbal Alamin.



  

IslamicTunesNews | APAKAH DI BULAN SYA'BAN AMALAN MANUSIA DILAPORKAN KEPADA SANG KHALIQ ? Reviewed by Unknown on 4:55 PM Rating: 5

No comments:

Assalamualaikum. Feel free to comments, giving ideas and taking parts for discussion on any content within this blog and its link, but please mind your words and behave as syaria compliance. We're Muslim, we're brothers and sisters....we're family!

Copyright © 2019 - Loonaq Records | IslamicTunes. All Rights Reserved.
Template by: Uong Jowo IslamicTunesNEWS
Powered By Blogger

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.